Rabu, 23 Januari 2013

Cara Blok Aplikasi Di Windows XP


Assalamu'alaikum wr.wb
Kali ini saya ingin berbagi info tentang cara blok aplikasi/ program di windows xp tanpa menggunakan bantuan software.. Hal ini dikarenakan kita merasa kesal dengan ulah seseorang yang tanpa seijin kita meng-instal program di komputer kita.

Bagi penggemar suatu program atau aplikasi maka tak urung akan tetap menginstall software atau aplikasi yang dipunyainya ke komputer untuk sekedar mencoba atau memang sedang diperlukan, meskipun sudah berulang kali kita uninstal lagi. Hal ini biasa terjadi kalau komputer digunakan oleh banyak user. 

Untuk itu sebaiknya program atau aplikasi yang tidak kita inginkan diatur agar tidak bisa dibuka oleh user yang lain, meskipun sudah di-instal oleh user lain. Sehingga ketika user membuka aplikasi tersebut akan muncul notifikasi seperti :

"this operation has been cancelled due to restrictions in effect on this computer. Please contact your system administrator". Seperti gambardiatas.

Untuk mencegah orang lain membuka suatu program atau aplikasi di komputer, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Menggunakan cara pengaturan gpedit
  2. Tekan tombol windows + R di keyboard kemudian ketikkan gpedit.msc dan tekan enter untuk membuka jendela group policy editor.
  3. Masuk ke User Configuration>>Administrative Template>>System.
  4. Pada panel sebelah kanan klik ganda pada Don’t run Specified Windows Applications
  5. Ubah dari Not configured menjadi Enabled kemudian klik Show pada List of dissalowed applications.
  6. Pada jendela yang muncul ketikkan nama aplikasi yang akan diblok, seperti winword.exe, Powerpnt.exe, Photoshop.exe, dll (carilah nama aplikasinya di Programfile di directory C:\)
  7. Klik OK kemudian klik OK lagi
  8. Restart Komputer atau restart windows explorer.
Sangat mudahkan caranya, dan semoga bermanfaat....

Wassalamu'alaikum wr.wb .

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design By arintomln - Published By arintoblog